Keripik Daun Kelor



Siang tadi belajar bikin Keripik Daun Kelor,ngundang kak Reni buat ngajarin cara membuatnya.Keripik ini bahannya tidak menggunakan bahan pengawet,pewarna dan MSG. Anak-anak antusias mengikuti kegiatan dan ikut serta dalam proses pembuatan.
Daun Kelor sangat mudah didapat di Palu,salah satu bahan utama aneka menu khas Orang Kaili. Buatnya ga sulit apalagi kalo dikerjakan rame-rame. Yuk intip resepnya....

Resep Keripik Daun Kelor
Bahan-bahan:
500 gram tepung tapioka
100 gram tepung terigu
100 gram daun kelor
15 biji Cabe rawit
5 biji Cabe keriting
1 butir telur
500-700 ml air
4 siung bawang putih
1 sdt garam halus
Segenggam daun kelor

Cara membuat:
Siapkan wadah blender,masukkan 100 gram daun kelor,bawang putih,cabe rawit,cabe keriting dan 500 ml air.Giling agak sampai agak halus,jangan terlalu halus. Siapkan baskom,masukkan tepung tapioka dan tepung terigu.Tambahkan daun Kelor yang sudah dihaluskan  dengan bumbu.Tambahkan garam halus dan telur,aduk rata.Masukkan daun Kelor satu genggam,aduk kembali hingga rata.
Siapkan cetakan kecil,ambil sedikit adonan. Pipihkan rata,jangan terlalub tebal dan jangan terlalu tipis. Sambil mencetak,siapkan kukusan.Isi air dan biarkan hingga mendidih. Masukan cetakan yang sudah diisi bahan keripik.masak kira-kira 5-8 menit. Keluarkan cetakan dari kukusan,lepas pelan-pelan isi cetakan dan tata diatas plastik.Lakukan hingga habis dan jemur dibawah sinar matahari hingga kering.Setelah kering siap digxoreng dan dihidangkan.











Comments

Postingan Populer

Churros ala Dapoer Yuyu

Es Labu Siam

Mie Goreng Hati Ayam

Pantai Apparalang, Surga Tersembunyi di Bulukumba

Bubur Candil Ubi Jalar

Makan siang dirumah Om Syamsul

Nastar Keju

Beppa Katarisala (Kue Tradisional Bugis)

Tahlilan 100 Hari Ummi